27.3.11

Biografi

Dibuat Oleh: Fadil Al Karsad S. Pd
 
A. Pengertian Biografi

Biografi adalah catatan riwayat hidup seseorang yang disusun oleh orang lain. Sedangkan catatan riwayat hidup yang dibuat sendiri disebut autobiografi.


B. Bagian-bagian Biografi

Sebuah biografi pada umumnya terdiri atas
• data pribadi,
• prinsip hidup,
• riwayat pendidikan,
• riwayat organisasi (jika ada),
• riwayat pekerjaan,
• pengalaman menarik dalam hidup (baik atau pun buruk),
• prestasi, dan
• impian (cita-cita).


C. Manfaat Biografi

Selain memberi informasi berupa wawasan dan pengetahuan, biografi memiliki fungsi sebagai guru kehidupan. Artinya, seseorang (pembaca) dapat mengambil hikmah (pelajaran hidup) tokoh dalam biografi yang dibacanya.

Untuk itu, tokoh sebuah biografi tidaklah harus merupakan tokoh terkenal. Siapa pun bisa menjadi tokoh sebuah biografi jika memang memiliki riwayat hidup yang sekiranya bisa dijadikan pelajaran hidup bagi orang lain.


D. Contoh Biografi

Hampir semua orang yang pernah mengenyam pendidikan sampai tingkat atas pasti mengenal Chairil Anwar. Penyair yang merupakan pelopor angkatan 45 ini dilahirkan di Medan, Sumatra Utara, pada tanggal 26 Juli 1922. Pendidikan tertingginya yaitu MULO, itu pun tidak tamat. Namun demikian, semangat membacanya selalu menyala. Dari itulah, tidak mengherankan apabila ia tumbuh menjadi pribadi yang berpandangan kritis dan penentang. Namun sayang, ia harus mati muda karena penyakit yang dideritanya akibat pola hidupnya yang antikemapanan. Ia meninggal pada tanggal 28 April 1949 di Jakarta.

Karyanya yang paling populer yaitu sajak ”Aku” yang merupakan wujud metafora perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan Jepang. Kumpulan-kumpulan sajaknya dibukukan kemudian: Deru Campur Debu (1949), Kerikil Tajam dan yang Terampas dan yang Terputus (1949), Tiga Menguak Takdir (bersama Rivai Apin dan Asrul Sani, 1950). Selain itu, ia juga menerjemahkan karya-karya luar negri: Pulanglah Dia Si Anak Hilang (karya Andre Gide, 1948), dan Kena Gempur (karya John Steinbeck, 1951).

Sajak-sajak Chairil Anwar sendiri banyak diterjemahkan ke dalam bahasa asing. Tahun 1962, Burton Raffel menerbitkan buku yang berisikan sajak-sajak Chairil Anwar dalam bahasa Inggris dengan judul Selected Poems (of) Chairil Anwar, dan The Complete Poetry and Prose of Chairil Anwar pada tahun 1970. Empat tahun berikutnya, atas bantuan H. B. Yasin, Liauw Yock Fang pun menerbitkan buku kumpulan sajak Chairil Anwar dalam bahasa Inggris dengan judul The Complete Poems of Chairil Anwar. Sementara Walter Karawath, menerjemahkan sajak-sajak Chairil Anwar dalam bahasa Jerman dengan judul Feuer und Asche pada tahun 1978.
(Dikutip dari Aku Ini Binatang Jalang, karya Chairil Anwar

Source :

0 komentar:

Poskan Komentar

Komentar yaksssssssss