22.3.11

KEMBAR IDENTIK TIDAK MEMILIKI PERSAMAAN SIDIK JARI SEJAK MEREKA LAHIR

tidak ada dua orang di dunia ini memiliki sidik jari identik bahkan kembar identik sekalipundilansir dari “http://www.todayifoundout.com/”. Anda harapkan kembar identik memiliki sidik jari mereka yang sama seperti “monozigotik” yang berarti ketika sebuah satu indung telur yang dibuahi dan dan menjadi dua embrio dimana dua embrio ini tercipta dai kombinasi indung telur dan sperma yang sama, kembar identik ini memiliki DNA hampir tidak bisa dibedakan. Nah pertanyaannya mengapa sidik jari mereka tidak identik sejak lahir? Sidik jari tidak sepenuhnya berkarakteristik genetik. Mereka adalah bagian dari sebuah 'fenotipe' yang berarti mereka ditentukan oleh interaksi gen individu dan lingkungan intrauterine (berbeda kadar hormon, gizi, tekanan darah, posisi dalam kandungan dan tingkat pertumbuhan jari-jari pada akhir trimester pertama).
Perbedaan Minor pada sidik jari muncul selama proses perkembangan janin. Gen menentukan karakteristik umum pola sidik jari. Namun, di dalam rahim, jaringan jari dapat tercipta atau terbentuk jika langsung bersentuhan dengan cairan ketuban. Beberapa ahli menunjukkan, apabila tersentuh cairan ketuban selama 6-13 minggu, maka kehamilan secara signifikan mengubah pola sidik jari janin yang secara keseluruhan, sidik jari kembar identik “cenderung” sama, tetapi akan selalu ada perbedaan halus pada sidik jari kembar identik yang membuat sidik jari  mereka menjadi unik.
Diantara pengujian yang telah dilakukkan yaitu:

  • Sebelum pengujian genetik modern menjadi umum, kemiripan sidik jari kembar digunakan untuk menentukan apakah mereka itu identik atau fraternal. 
  • Peluang melahirkan anak kembar identik adalah sekitar 3 dari 1.000, sedangkan angka kelahiran untuk semua kembar adalah sekitar 32,2 di 1.000 dan tidak ada sifat keturunan dikenal yang mempengaruhi kecenderungan untuk memiliki kembar identik. Tingkat Kelahiran untuk kembar identik cukup konsisten hampir sama tanpa memandang ras, geografi atau usia ibu.
  • Kembar identik kehilangan beberapa persamaan mendasar saat mereka tumbuh dewasa. Hal ini akan mencerminkan, perilaku, penampilan mereka dan mereka renta terhadap penyakit. Alasan untuk perbedaan ini saat mereka tumbuh adalah perubahan dalam epigenome, yang mengacu pada modifikasi kimia pada gen yang tidak langsung mempengaruhi gen DNA tetapi hasil perubahan dalam ekspresi gen. Semua orang membangun mutasi/perubahan ini dari waktu ke waktu. Pengaruh Epigenetik ini dapat disebabkan oleh paparan bahan kimia, tingkat aktivitas fisik, penuaan, kebiasaan diet dan faktor lingkungan lainnya. Itulah sebabnya pada usia menengah dan tua kembar identik cenderung terlihat lebih seperti kembar non-identik.

Source: 
Disini 

0 komentar:

Poskan Komentar

Komentar yaksssssssss